Selasa, 15 Oktober 2013

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SEKOLAH


PROGAM KERJA PERPUSTAKAAN SMP NEGERI 1 BOYOLANGU
 TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

 Perpustakaan merupakan salah satu sarana sekolah yang harus tetap eksis untuk menunjang kegiatan belajar mengajar di SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung sesuai dengan UU Pendidikan No.2 Th.1989 Pasal 35 Tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik bilamana tenaga kependidikan dan peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggara kegiatan kegiatan pembelajaran yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah Perpustakaan.


 Undang-undang tentang Sistem Pendidikan Nasional yang baru (UU Nomor 20 tahun 2003 Pasal 45), tidak secara implisit menyebutkan agar setiap satuan pendidikan, jalur pendidikan harus menyediakan Perpustakaan sebagai sumber belajar, namun Undanu-undang tersebut menyatakan bahwa,”Setiap satuan pendidikan formal maupun non formal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan peserta didik”.

Karena Perpustakaan secara implisit termasuk dalam pengertian sarana dan prasarana pendidikan, maka pengayaan harus memenuhi ketentuan pasal tersebut. Dalam hal ini untuk menuju Perpustakaan yang baik dan juga bisa disebut sebagai jantung sekolah Perpustakaan membutuhkan sarana dan prasarana yang cukup memadai. Hal tersebut akan kami buat Progam Kerja Tahun Pelajaran 2013 / 2014 sebagai berikut : 1.

Nama Progam :

Peningkatan Pelayanan Perpustakaan 2. Sasaran Progam : Peningkatan Pelayanan Perputakaan mencapai 75% ingin dicapai tahun 2013 / 2014 3.

Evaluasi Diri

Kekuatan :

 Mempunyai Perpustakaan yang pernah mengikuti penataran. Pernah menjadi Perpustakaan percontohan. Memiliki petugas khusus untuk melayani peminjaman buku Perpustakaan. Memiliki meja baca sesuai aturan.


Kelemahan :

Petugas Perpustakaan kurang. Jumlah buku paket tidak memenuhi kebutuhan siswa . Jumlah koleksi kurang.



4.      Strategi
              Pengusulan penambahan petugas Perpustakaan kepada Kepala Sekolah.
              Pengusulan penambahan buku paket ke Depdiknas.
              Penambahan jumlah buku referensi dengan cara :
            Pembelian
            Sumbangan dari siswa
            Droping dari Depdiknas
            Sumbangan dari penerbit
              Penerapan komputerisasi di Perpustakaan.
              Mengikuti / mengadakan lomba Perpustakaan.
              Pemeliharaan koleksi buku dan majalah yang sudah ada.
5.      Rencana Anggaran
( Terlampir 1 )
6.      JadwaL Kegiatan
( Terlampir 2 )
7.      Profil Perpustakaan 
( Terlampir 3 )

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar